Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

BAGAIMANA PEMIKIRAN KREATIF SISWA DALAM MEMECAHKAN SOAL ASESMEN NASIONAL?: RISET STUDI PADA WILAYAH TENGAH INDONESIA

ikram, Muhammad (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Beragam permasalahan yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah Asesmen Nasional, salah satunya adalah minimnya pemikiran kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah. Namun, masih sedikit peneliti yang berfokus pada pemikiran kreatif yang dikaitkan dengan penyelesaian masalah Asesmen Nasional. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk menilai sejaumana pemikiran kreatif siswa dalam memecahkan soal asesmen nasional. Metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif digunakan untuk menjawab permasalahan. Kami melibatkan tiga siswa yang dipilih secara ketat untuk mewakili tiga kategori pemikiran kreatif. Lebih lanjut, kami menggunakan instrumen tes berpikir kreatif, soal asesmen nasional, dan pedoman wawancara. Analisis data melibatkan tahapan kondensasi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dari hasil penelitian, kami menemukan tiga gambaran pemikiran kreatif yang berbeda dari masing-masing kategori yang dipaparkan secara detail. Selain itu, implikasi dan rekomendasi penelitian ini memberikan wawasan terkait pentinganya menstimulus pemikiran kreatif dalam aktivitas pembelajaran.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...