Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN JARIMATIKA BERBANTUAN MEDIA FLASHCARD TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KONSEP PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS 2 SDN 24 TEMMALEBBA

Sahrani, Nurul Difa (Unknown)
Nursyamsi, Nursyamsi (Unknown)
Munir, Nilam Permatasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur efektivitas penggunaan metode jarimatika dengan bantuan media flashcard dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan siswa kelas II di SDN 24 Temmalebba. Menggunakan metode kuantitatif dengan desain eksperimen semu tipe two group pretest-posttest control group, penelitian ini melibatkan 60 siswa yang terbagi dalam kelas eksperimen (II A) dan kelas kontrol (II B), masing-masing berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes pretest dan posttest serta dokumentasi, lalu dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan rata-rata nilai pretest 48,67 (tidak tuntas) dan nilai posttest 87,67 (tuntas) setelah intervensi, sedangkan kelas kontrol rata-rata pretest 47,33 dan posttest 81,00. Uji-t inferensial menunjukkan nilai signifikansi < 0,05, menandakan bahwa penggunaan jaritmatika berbantuan flashcard memiliki efektivitas yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar matematika pada konsep penjumlahan dan pengurangan di kelas 2 SDN 24 Temmalebba.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...