Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

EFEKTIVITAS MULTIMEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS

Minggi, Ilham (Unknown)
Khadijah, Khadijah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia pembelajaran matematika pada materi Teorema Pythagoras. Sebelum uji efektivitas, multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan telah divalidasi oleh pakar dan mengalami revisi berulang kali sehingga didapatkan hasil yang valid untuk digunakan. Penelitian dilaksanakan di SMPN 6 Makassar, dan subjek penelitiannya adalah Siswa kelas VIII. Data dianalisis secara kuantitatif dan diarahkan untuk menjelaskan keefektifan multimedia pembelajaran matematika yang dikembangkan. Keefektifan multimedia pembelajaran dapat dilihat dari kategori hasil belajar, aktivitas siswa, dan respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia pembelajaran yang dikembangkan bersifat efektif, yaitu (1) skor rata-rata yang diperoleh siswa pada tes hasil belajar adalah 78,03 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 10,21. Diperoleh 85,29% memenuhi ketuntasan individu yang menunjukkan bahwa ketuntasan klasikal tercapai; (2) dengan menggunakan multimedia pembelajaran matematika, siswa jadi lebih aktif dalam proses pembelajaran; (3) pada umumnya siswa memberikan respon yang positif terhadap multimedia pembelajaran yang digunakan; (4) guru dapat membimbing kelompok dalam pembelajaran berbasis multimedia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...