Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MULTILITERASI TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA

Pasang, Riswana (Unknown)
Basir, Fahrul (Unknown)
Karmila, Karmila (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design yang bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep matematis siswa sebelum dan setelah penerapan Model Pembelajaran Multiliterasi. Satuan eksperimen penelitian ini adalah siswa kelas X IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas X IPA 3 sebagai kelas kontrol. Data yang dikumpulkan terdiri atas data kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistika deskriptif dan analisis statistika inferensial. Hasil dari penelitian diperoleh: Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu sebelum diterapkan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori sangat rendah dan setelah diterapkan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori sedang, Keterlaksanaan pembelajaran siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu pada saat penerapan model pembelajaran multiliterasi berada pada kategori terlaksana dengan sangat baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 2 Luwu dengan penerapan model pembelajaran multiliterasi lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...