Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 9 No. 2 (2024): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

ANALISIS KEMAMPUAN PESERTA DIDIK DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL

Upu, Hamzah (Unknown)
Djaman, Nurwati (Unknown)
Juhari, Agusalim (Unknown)
Basri, Muhammad Yusran (Unknown)
Dewi, Ratnasari (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematika peserta didik di UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar. Subjek dalam penelitian ini diambil dari peserta didik kelas IX UPT SPF SMP Negeri 6 Makassar yang berjumlah 363 peserta didik. Metode pengambilan subjek penelitian dengan memberikan tes kemampuan awal berupa soal-soal yang berkaitan dengan teorema Pythagoras berupa soal essay agar terpilih subjek yang mempunyai kemampuan awal tinggi, sedang dan rendah masing-masing 1 orang perkategori. Teknik pengumpulan data menggunakan instrument berupa soal tes kemampuan awal, tes kemampuan pemecahan masalah, dan wawancara. Teknik analisis data Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) subjek berkemampuan awal tinggi pertama mampu menyelesaikan masalah konteks tipe aplikasi maupun analaisis dan masalah konten tipe aplikasi, sedangkan subjek berkemampuan tinggi kedua tidak mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis, (ii) subjek berkemampuan awal sedang mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis dan masalah konten tipe analisis, tapi tidak mampu menyelesaikan masalah konteks tipe analisis , (iii) subjek berkemampuan awal rendah tidak mampu menyelesaikan semua masalah yang diberikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...