Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan kegiatan komunitas belajar di satuan pendidikan dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka yang akhirnya berimbas pada keberhasilan belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan komunitas belajar di satuan pendidikan efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan pengetahuan, keterampilan, dan sikap guru dalam melaksanakan pembelajaran sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Peningkatan kompetensi guru tersebut berimbas pada peningkatan hasil belajar siswa. Hal ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai ujian siswa dan peningkatan minat belajar siswa. This study aims to determine the effectiveness of implementing learning community activities in education units in improving teacher competence in implementing the Merdeka Curriculum which ultimately impacts on student learning success. The research method used is qualitative with a case study approach. Data collection techniques were carried out through observation, interviews, and documentation. The results show that the implementation of learning community activities in education units is effective in improving teacher competence in implementing the Merdeka Curriculum. This is evidenced by an increase in teachers' knowledge, skills, and attitudes in implementing learning in accordance with the Merdeka Curriculum. The improvement in teacher competence has an impact on improving student learning outcomes. This is evidenced by an increase in student test scores and an increase in student interest in learning.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024