JRB-Jurnal Riset Bisnis
Vol 8 No 1 (2024): Oktober

Pengaruh Harga, Online Customer Review Dan Rating Terhadap Kepercayaan Dan Keputusan Pembelian Suplemen Kesehatan Pada E-Commerce

Munawaroh, Diyan Sadiatul (Unknown)
Prih Sarnianto (Unknown)
Lies Putriana (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Oct 2024

Abstract

Seiring perkembangan teknologi, bertransaksi di e-commerce banyak diminati meskipun membutuhkan kepercayaan karena tidak melihat produk secara langsung. Sebelum pengambilan keputusan pembelian, konsumen dapat melihat informasi produk pada tampilan atau fitur yang tersedia seperti harga, online customer review, dan rating. Namun demikian, tidak dapat sepenuhnya dipercayai dan dipastikan bahwa informasi tersebut menjamin produk yang dibeli ataupun pelayanan yang didapat akan sesuai dengan harapan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh harga, online customer review dan rating terhadap kepercayaan dan keputusan pembelian suplemen kesehatan pada e-commerce. Penelitian dilakukan kepada 285 responden di DKI Jakarta, berusia lebih dari 17 tahun, dan pernah membeli suplemen kesehatan di e-commerce. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Data dianalisis menggunakan analisis SEM (Structural Equation Modelling) dengan program LISREL. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga, online customer review, dan rating berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan. Harga, online customer review, rating dan kepercayaan berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan sebagai intervening tidak memperkuat hubungan antara variable independen (harga, online customer review, rating) terhadap variable dependen (keputusan pembelian). Untuk meningkatkan kepercayaan serta keputusan pembelian konsumen di e-commerce, setiap penjual di e-commerce perlu menetapkan harga jual yang relevan dengan produknya serta responsif terhadap online customer review maupun rating dari konsumen

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrb

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JRB-Jurnal Riset Bisnis diterbitkan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis, Universitas Pancasila sejak tahun 2017, merupakan Jurnal Manajemen dan Akuntansi yang menyajikan artikel hasil penelitian (empiris) serta isu manajemen dan akuntansi terkini (konseptual) yang mencakup Keuangan, Pemasaran, SDM, ...