Bosowa Journal of Education
Vol 5 No 1 (2024): Bosowa Journal of Education, Desember 2024

Penggunaan Aplikasi Canva dalam Meningkatkan Kreativitas Siswa di SDN Kanreapia, Kabupaten Gowa

Inliati, Inliati (Unknown)
Muhammadiah, Mas'ud (Unknown)
Burhan, Burhan (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Dec 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa kelas V SDN Kanreapia dan pengaruh pemanfaatan terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian adalah quasi eksperimental design metode matching pretest- posttest comparison group design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas V A sebanyak 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data statistik deskriptif dan statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis data deskriptif diperoleh hasil bahwa pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif melalui penggunaanya di kelas oleh guru dan siswa dilihat dari hasil pembelajaran yang efektif. Berdasarkan hasil analisis inferensial normatif, homogenitas, dan hipotesis maka diperoleh kesimpulan bahwa: ada pengaruh pemanfaatan aplikasi canva sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa SDN Kanreapia Kabupaten Gowa. The purpose of this study was to determine the utilization of the Canva application as a learning media in improving the creative thinking skills of class V students at SDN Kanreapia and the effect of utilization on students' creative thinking skills. The type of research is a quasi-experimental design method matching pretest-posttest comparison group design. The sample in this study was 20 class V A students. The data collection techniques used were questionnaires, observations and tests. The data analysis techniques used were descriptive statistical data analysis and inferential statistics. Based on the results of the descriptive data analysis, it was found that the utilization of the Canva application as a learning media can improve creative thinking skills through its use in class by teachers and students as seen from the results of effective learning. Based on the results of the normative inferential analysis, homogeneity, and hypothesis, it was concluded that: there is an effect of utilizing the Canva application as a learning media to improve the creative thinking skills of students at SDN Kanreapia, Gowa Regency.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Bosowa Journal of Education menerbitkan artikel yang pada bidang pendidikan dasar, pendidikan bahasa inggris, pendidikan sains, pendidikan matematika, pendidikan bahasa dan sastra indonesia dan pendidikan anak usia ...