Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan
Vol. 3 No. 1: November 2024

Problematika Menulis Teks Cerita Fantasi pada Siswa Kelas 7 SMP Negeri 4 Ngamprah

Sugilestari, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis problematika pembelajaran menulis teks cerita fantasi pada siswa kelas 7 di SMP Negeri 4 Ngamprah. Fokus penelitian mencakup empat aspek utama kesulitan yang dihadapi siswa: pemunculan ide, pengembangan alur, struktural, dan kebahasaan. Metode analisis deskriptif kualitatif digunakan untuk mengkaji permasalahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa menghadapi kesulitan yang bersifat kompleks dan multidimensional dalam menulis teks cerita fantasi. Kesulitan tersebut meliputi: (1) kesulitan memunculkan ide sebagai hambatan awal proses kreatif, (2) kesulitan pengembangan alur yang mencakup masalah dalam mengembangkan rangkaian peristiwa dan mempertahankan konsistensi logika cerita, (3) kesulitan struktural dalam mengembangkan orientasi, latar, tokoh, komplikasi, dan resolusi, serta (4) kesulitan kebahasaan yang meliputi keterbatasan penguasaan kosakata dan penyusunan kalimat efektif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa diperlukan pendekatan pembelajaran yang terintegrasi, sistematis, kontekstual, dan berkelanjutan untuk mengatasi problematika tersebut. Temuan ini berkontribusi pada pengembangan strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam meningkatkan keterampilan menulis teks cerita fantasi pada siswa SMP.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JSPK

Publisher

Subject

Education Other

Description

Metonimia: Jurnal Sastra dan Pendidikan Kesusastraan mengundang para peneliti, dosen, dan mahasiswa untuk mengirimkan artikel terbaiknya dalam bidang sastra dan pendidikan kesusastraan. Jurnal Metonimia merupakan jurnal ilmiah yang bersifat terbuka (open accsess) dan proses penerbitan artikelnya ...