Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis integrasi teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia di sekolah dasar sebagai solusi untuk meningkatkan minat belajar siswa. Dengan meningkatnya akses terhadap teknologi digital, metode pembelajaran tradisional sering kali dianggap kurang menarik bagi siswa. Oleh karena itu, penggunaan alat digital seperti aplikasi pembelajaran, media interaktif, dan platform online diharapkan dapat menciptakan pengalaman belajar yang lebih menarik dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi kelas, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi teknologi tidak hanya meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa, tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kemampuan berbahasa mereka. Meskipun demikian, tantangan seperti kurangnya pelatihan bagi guru dan infrastruktur yang tidak memadai perlu diperhatikan agar integrasi teknologi dapat berjalan efektif. Penelitian ini merekomendasikan perlunya dukungan kebijakan pendidikan yang kuat serta pelatihan berkelanjutan bagi pendidik untuk memaksimalkan potensi teknologi dalam pembelajaran bahasa Indonesia
Copyrights © 2024