Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemecahan masalah dengan representasi simbolik mahasiswa Pendidikan ekonomi melalui implementasi Case Method pada mata kuliah Matematika Ekonomi . Penelitian ini dilakukan kepada 50 orang mahasiswa Pendidikan ekonomi Universitas Musamus lalu dilakukan analisis terhadap hasil penyelesaian soal terhadap 5 responden sesuai dengan kualifikasi Sangat Baik, Baik, Cukup, Kurang, Sangat Kurang. Adapun Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Instrument penelitian yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah Tes dan Dokumentasi. Adapun tahap analisis kemampuan pemecahan masalah menggunakan analisis tahap oleh Polya sedangkan analisis kemampuan representasi simbolik dengan menggunakan Fatqurhohman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah mahasiswa Pendidikan ekonomi cukup baik dengan alasan 1. Mahasiswa Pendidikan ekonomi mampu mengidentifikasi informasi berdasarkan permasalahan yang diberikan. 2. Mahasiswa Pendidikan Ekonomi sudah mampu merencanakan penyelesaian permasalahan dan mengubahnya ke dalam bentuk simbol-simbol matematika. 3. Pada umumnya mahasiswa Pendidikan Ekonomi sudah mampu menyederhanakan dan mengubah perhitungan matematika tetapi masih terjadi kesalahan dalam menganalisis nilai akhir. 4. Mahasisa Pendidikan Ekonomi masih belum mampu menyimpulkan dan menggambarkan hubungan temuan dengan gambar dalam bentuk sketsa grafik. 5. Pentingnya peran dosen dalam melakukan inovasi pembelajaran y
Copyrights © 2024