Nusantara Journal of Multidisciplinary Science
Vol. 2 No. 5 (2024): NJMS - Desember 2024

Analisis Pengaruh Penggunaan Virtual Reality terhadap Inovasi Pembelajaran Mahasiswa Generasi Z

Siwi Pelita Amini (Unknown)
Mehri Paniza (Unknown)
Tata Sutabri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2025

Abstract

Penggunaan teknologi Virtual Reality (VR) semakin berkembang pesat dalam berbagai bidang, termasuk pendidikan. Generasi Z, yang dikenal sebagai generasi digital-native, memiliki karakteristik unik dalam cara belajar dan berinteraksi dengan teknologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan Virtual Reality terhadap inovasi pembelajaran mahasiswa Generasi Z. Studi ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei, melibatkan mahasiswa Generasi Z dari berbagai perguruan tinggi sebagai responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Virtual Reality secara signifikan meningkatkan keterlibatan, kreativitas, dan pemahaman konsep mahasiswa dalam proses pembelajaran. Teknologi VR memungkinkan terciptanya pengalaman belajar yang imersif, interaktif, dan menarik, sehingga mampu mendorong inovasi dalam metode pembelajaran. Selain itu, hasil analisis juga mengungkapkan bahwa adopsi teknologi ini dapat memfasilitasi pembelajaran kolaboratif dan pengembangan keterampilan abad ke-21, seperti pemecahan masalah dan berpikir kritis. Kesimpulannya, Virtual Reality merupakan alat yang efektif untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dan menghadirkan inovasi yang relevan dengan kebutuhan Generasi Z dalam era digital

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

njms

Publisher

Subject

Religion Humanities Computer Science & IT Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Nusantara Journal of Multidisciplinary Science (NJMS) adalah jurnal yang prestisius untuk eksplorasi ilmiah di persilangan berbagai disiplin. NJMS berperan sebagai pusat intelektual yang mendorong dialog dan kolaborasi mendalam di berbagai bidang pengetahuan. Dengan proses review yang ketat, NJMS ...