Online costumer review digunakan oleh Generasi Z untuk mendapatkan informasi tambahan mengenai suatu produk yang akan dibeli. Online costumer review dituliskan oleh para pembeli sehingga memberikan ulasan yang lebih jujur sehingga dapat menjadi media komunikasi persuasif untuk menarik perhatian calon pembeli. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran komunikasi persuasif melalui online costumer review di Shopee bagi Generasi Z. Penelitian ini menggunakan paradigma konstuktivisme dengan pendekatan kualitatif melalui wawancara, observasi, studi pustaka dan dokumentasi. Data-data penelitian kemudian dianalisis menggunakan Teori Elaboration Likehood Model. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi persuasif melalui online costumer review dijadikan Generasi Z sebagai sumber informasi tambahan dalam membeli produk di Shopee. Generasi Z secara aktif melihat ulasan para pembeli yang menjelaskan mengenai kualitas dan harga suatu produk yang disertai dengan gambar dan video. Online costumer review dapat meningkatkan kepercayaan mereka sehingga menimbulkan minat beli suatu produk. Selain online costumer review, Generasi Z juga mempertimbangkan rating, jumlah followers dan jumlah pembelian dalam meningkatkan kepercayaan mereka kepada toko di Shopee. Generasi Z menggunakan rute sentral dengan melihat pada kejelasan online costumer review seperti komentar positif maupun negatif mengenai produknya serta mencantumkan foto dan video ril. Calon pembeli juga akan membandingkan produk yang sama di toko yang berbeda sebelum memutuskan untuk membeli. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024