(JIMBE)
Vol 2 No 1 (2024)

Fintech dan Kepuasan Pelanggan: Menggali Peran Kemudahan Transaksi Melalui QRIS Sebagai Variabel Intervening di Warung Sari Laut Mas Joko Kota Makassar

Sahabuddin, Romansyah (Unknown)
Arif, Hery Maulana (Unknown)
Nurfatimah, Indira (Unknown)
Atirah , Rezky (Unknown)
Nengsia, Suci (Unknown)
Rahmayani, Sitti Nuralifah (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini membahas pengaruh teknologi finansial (fintech), khususnya QRIS, terhadap kepuasan pelanggan di Warung Sari Laut Mas Joko. Masalah yang diangkat adalah bagaimana kemudahan transaksi melalui QRIS dapat mempengaruhi kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi hubungan antara penggunaan QRIS dan kepuasan pelanggan, serta peran kemudahan transaksi sebagai variabel mediasi. Metode yang digunakan adalah survei dengan analisis statistik menggunakan Structural Equation Modeling (SEM) untuk menguji hubungan antar variabel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan QRIS berpengaruh positif terhadap kepuasan pelanggan, di mana kemudahan transaksi berperan sebagai mediator yang signifikan. Implikasi dari temuan ini menekankan pentingnya adopsi teknologi finansial dalam meningkatkan pengalaman pelanggan, yang dapat menjadi strategi efektif bagi UMKM dalam menghadapi era digitalisasi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

JIMBE

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Ilmu Manajemen, Bisnis dan Ekonomi (JIMBE) adalah jurnal yang ditujukan untuk mempublikasikan hasil penelitian Manajemen seperti Manajemen Pemasaran, Manajemen Keuangan, Manajemen SDM, Manajemen Operasi/Produksi, Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan sebagai pengembangan pengetahuan serta ...