Prosiding Seminar Nasional Dies Natalis Universitas Negeri Makassar
Vol. 2 (2024): Prosiding Seminar Nasional UNM ke-63 2024

Analisis Minat Belajar Pendidikan Jasmani Terhadap Kemampuan Dasar Bermain Sepakbola Murid Sd Inpres Maccini Sombala Kota Makassar

La Kamadi (Unknown)
Adam Mappaompo (Unknown)
Ishak Bachtiar (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar penjas, untuk mengetahui kemampuan dasar permainan sepakbola murid dan untuk mengetahui hubungan minat belajar penjas terhadap kemampuan dasar pada permainan sepakbola murid SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar. Jumlah sampel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 30 orang yang dipilih secara acak dari murid tingkat/kelas 5 dan 6 SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif, yaitu mendiskripsikan informasi yang ada sesuai dengan variabel yang diteliti. Penelitian deskriptif kuantitatif bukan untuk menguji hipotesis, tetapi untuk mendiskripsikan fenomena yang muncul dilapangan. Dari hasil analisis regresi sederhana antara minat belajar pendidikan jasmani dengan kemampuan dasar bermain sepakbola murid SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar diperoleh nilai hubungan sebesar r = 0.898 (P=.000 <  0.05), maka H0 ditolak dan H1 diterima, berarti Ada hubungan yang signifikan antara minat belajar pendidikan jasmani dengan kemampuan dasar bermain sepakbola murid SD Inpres Maccini Sombala Kota Makassar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Semnasdies62

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Proceedings of the 62nd Anniversary National Seminar published by Makassar State University (UNM) with the theme is "The Role of Education Based on Information & Communication Technology Literacy in Advancing Human Resources in the Era of Society 5.0". The proceedings of this seminar are ...