Edu Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu Sosial dan Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 5 No. 1 (2025): Februari-Mei 2025

Urgensi dan Perjuangan Pendidik Dalam Perspektif Islam

Fauziah Harahap, Elza (Unknown)
Hady, Arkana (Unknown)
Fitria Harahap, Hilyati (Unknown)
Rahmasari, Rahmasari (Unknown)
Imran Sinaga, Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Jan 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pentingnya pendidikan dan perjuangan seorang pendidik dalam sudut pandang Islam, dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Sumber data meliputi Al-Qur'an, Hadis, serta literatur akademis terkait, yang dianalisis secara kontekstual untuk mengeksplorasi nilai-nilai pendidikan Islam. Hasil kajian menunjukkan bahwa pendidikan memainkan peran utama dalam membentuk individu yang berakhlak, berpengetahuan, dan bermoral. Guru, sebagai tokoh kunci dalam pendidikan, tidak hanya berfungsi sebagai penyampai ilmu tetapi juga bertanggung jawab membangun karakter peserta didik melalui pendekatan menyeluruh yang mencakup aspek intelektual, emosional, dan keterampilan. Pembelajaran dari kisah Nabi Adam AS, Nabi Muhammad SAW, serta interaksi antara Nabi Musa AS dan Nabi Khidir AS memberikan panduan penting dalam pendidikan. Nabi Adam AS mencontohkan peran manusia sebagai khalifah melalui proses pengajaran kepada malaikat. Nabi Muhammad SAW menjadi model dalam pengajaran efektif yang berbasis nilai-nilai etis. Selain itu, kisah Nabi Musa AS dan Nabi Khidir AS menggarisbawahi pentingnya semangat belajar, sikap hormat, serta tanggung jawab dalam menyebarkan ilmu. Penelitian ini menyimpulkan bahwa pendidikan dalam Islam tidak hanya bertujuan untuk menyampaikan pengetahuan, tetapi juga menciptakan individu yang berkarakter kuat dan membawa perubahan positif dalam masyarakat.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edusociety

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

The focus of the Edu Society: Journal of Education, Social Sciences, and Community Service is on various problems in the fields of Education, Social Sciences and Community Service, both as material objects and as formal objects. We invite scientists, academics, researchers, practitioners and ...