Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tentang supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah yang mengarah pada perbaikan serta peningkatan pada mutu pembelajaran di SMA Negeri 1 Darul Hasanah Aceh Tenggara, adapun proses implementasi supervisi akademik ini mencakup pada perencana, pengadaan pelaksanaan, serta monitoring atau rencana tindak lanjut. Penelitian ini menggunakan metodologi deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden wawancara meliputi kepala sekolah, wakil kepala sekolah, dan para guru di SMA Negeri 1 Darul Hasanah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan yang matang dan strategis dilakukan oleh kepala sekolah dengan mengidentifikasi kebutuhan dan potensi sekolah serta menetapkan tujuan yang jelas untuk peningkatan kualitas tenaga pendidik. Program pengembangan profesional seperti pelatihan, workshop, dan partisipasi dalam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) menjadi langkah penting dalam peningkatan kompetensi guru. Selain itu, supervisi akademik yang dilaksanakan dengan pendekatan individu dan kelompok berfokus pada peningkatan keterampilan mengajar serta pengembangan karakteristik masing-masing guru. Monitoring dan evaluasi yang dilakukan secara berkala bertujuan untuk menilai keberhasilan supervisi dan memberikan tindak lanjut berupa pelatihan untuk meningkatkan profesionalisme guru. Kepala sekolah juga melakukan tindak lanjut supervisi dengan pendekatan fleksibel, baik melalui diskusi langsung setelah supervisi atau beberapa hari setelahnya. Secara keseluruhan, penelitian ini mengungkapkan bahwa peran kepala sekolah dalam perencanaan, supervisi, serta evaluasi yang berkelanjutan berkontribusi signifikan terhadap peningkatan kualitas pendidikan di SMA Negeri 1 Darul Hasanah.
Copyrights © 2024