Komitmen kerja guru merupakan faktor krusial dalam menentukan kualitas pendidikan di sekolah dasar. Rendahnya komitmen kerja guru dapat berdampak pada menurunnya kualitas pembelajaran dan pencapaian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja terhadap komitmen kerja guru di SDN se-UPTD Bambel Kabupaten Aceh Tenggara. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gaya kepemimpinan tidak berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru. Sementara itu, motivasi kerja dan kepuasan kerja masing-masing memiliki pengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru. Secara simultan, ketiga variabel independen, yaitu gaya kepemimpinan, motivasi kerja, dan kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap komitmen kerja guru. Temuan ini mengindikasikan bahwa guru lebih dipengaruhi oleh faktor internal seperti motivasi dan kepuasan kerja dibandingkan gaya kepemimpinan kepala sekolah. Penelitian ini menyarankan pentingnya pendekatan holistik dalam meningkatkan komitmen kerja guru melalui pengembangan profesional dan kondisi kerja yang mendukung motivasi serta kepuasan kerja guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024