Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh keprofesionalan kepala sekolah terhadap manajemen layanan Bimbingan dan Konseling (BK) dalam konteks pendidikan. Sebagai pemimpin strategis, kepala sekolah memiliki peran krusial dalam menyediakan dukungan sistem yang terintegrasi untuk layanan BK. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan analisis dokumen di beberapa sekolah menengah di wilayah penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keprofesionalan kepala sekolah dalam aspek kepemimpinan, pengelolaan sumber daya, dan pengambilan keputusan berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan program BK. Dukungan yang diberikan oleh kepala sekolah, yang bersifat terintegrasi, mencakup penyediaan sarana dan prasarana, penguatan kapasitas konselor, serta penerapan kebijakan yang mendukung pengembangan siswa. Oleh karena itu, studi ini merekomendasikan peningkatan pelatihan bagi kepala sekolah agar mereka dapat memberikan dukungan sistem yang optimal bagi program BK di sekolah.
Copyrights © 2025