Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode outdoor learning dalam membentuk lingkungan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan. Outdoor learning merupakan metode pembelajaran yang memanfaatkan lingkungan luar ruangan sebagai sumber dan media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru dan siswa yang terlibat dalam kegiatan pembelajaran outdoor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi metode outdoor learning berhasil menciptakan lingkungan pembelajaran yang efektif dan menyenangkan, ditandai dengan: (1) meningkatnya motivasi dan antusiasme siswa dalam pembelajaran, (2) terciptanya pengalaman belajar yang bermakna melalui interaksi langsung dengan objek pembelajaran, (3) berkembangnya keterampilan sosial dan kemampuan kerja sama siswa, dan (4) meningkatnya pemahaman konsep melalui pengalaman nyata. Penelitian ini merekomendasikan penerapan metode outdoor learning sebagai alternatif strategi pembelajaran yang dapat mengoptimalkan proses dan hasil belajar siswa. Dengan demikian, outdoor learning tidak hanya meningkatkan keterlibatan siswa, tetapi juga memperkaya pengalaman pendidikan mereka secara keseluruhan.
Copyrights © 2024