Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) strategi implementasi kebijakan pendidikan dalam peningkatan mutu di MTs Ummul Quraa, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan, dan (3) model implementasi kebijakan yang diterapkan di MTs Ummul Quraa. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian terdiri dari kepala sekolah dan guru. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dan dianalisis menggunakan model analisis interaktif Miles dan Hubberman. Keabsahan data diuji melalui triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) strategi implementasi kebijakan dilakukan melalui penguatan manajemen sekolah, peningkatan kompetensi guru, dan integrasi nilai-nilai keislaman, dengan tujuan jangka pendek meningkatkan mutu pembelajaran dan jangka panjang mencetak generasi unggul. (2) Faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan meliputi komunikasi yang jelas, ketersediaan sumber daya, disposisi positif dari guru dan staf, serta struktur organisasi yang efisien. (3) Model implementasi kebijakan yang digunakan adalah kombinasi model langsung dan intuitif, dengan langkah-langkah yang jelas dan evaluasi berkala.
Copyrights © 2024