Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan membaca pemahaman peserta didik dengan pendekatan konstruktivisme. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan desain penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan hasil pembelajaran membaca. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Pada siklus I, nilai rata-rata untuk ranah afektif 71,83 (50% tuntas), psikomotor 71 (70,83% tuntas), dan kognitif 70,79 (45,83% tuntas). Pada siklus II, nilai rata-rata ranah afektif 82,62 (87,5% tuntas), psikomotor 84,08 (83,3% tuntas), dan kognitif 79 (87,5% tuntas). Hasil penelitian menunjukkan peningkatan nilai yang signifikan antara siklus I dan siklus II, menunjukkan efektivitas pendekatan konstruktivisme dalam meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Copyrights © 2024