Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya media pembelajaran atau bahan ajar yang digunakan guru untuk mendukung proses pembelajaran di MAN 2 Kampar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat validitas dan praktikalitas e-modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi koloid yang telah dikembangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan Design & Development Reasearch (DDR) yang terdiri dari 3 fase/tahapan yaitu analisis kebutuhan, pengembangan desain dan evaluasi. Subjek penelitian ini ialah 10 peserta didik kelas XI MIA 1 MAN 2 Kampar, 2 guru kimia, 1 dosen ahli materi dan 1 dosen ahli media. Teknik pengumpulan data berupa angket, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbasis 3d pageflip dengan pendekatan saintifik pada materi koloid memperoleh persentase validitas ahli media dan ahli materi berturut-turut sebesar 96,92% dan 96% dengan kriteria sangat valid. Untuk persentase praktikalitas guru diperoleh nilai sebesar 97,89% dengan kriteria sangat praktis, dan uji respon peserta didik memperoleh hasil sebesar 93,25% dengan kriteria sangat praktis. Maka dari itu e-modul ini dapat digunakan oleh guru dalam proses pembelajaran.
Copyrights © 2024