Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Pengaruh Bermain Kolaboratif dengan Nature Table Montessori untuk Meningkatkan Kemampuan Interaksi Sosial Anak Autis

Wina Fitria, Adilah (Unknown)
Parwoto, Parwoto (Unknown)
Musi, Muhammad Akil (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan bermain kolaboratif dengan nature table terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis pada Taman Kanak (TK) Inklusi . Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen model Single Subject Research (SSR). Subjek penelitian satu orang yang sudah didiagnosa sebagai anak autis. Indikator yang digunakan untuk melihat interaksi sosial adalah kontak mata, respon terhadap nama, inisiasi interaksi serta kerjasama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil pengamatan baseline A1 subyek anak autis masih menunjukkan adanya interaksi sosial yang lemah ketika berinteraksi dengan sesama temannya yang normal. Pada fase intervensi (B), ada perubahan posisi grafik interaksi sosial, dimana terdapat peningkatan interaksi sosial antara A dan teman-temannya. Pada hasil akhir siklus (A2) subyek menunjukkan ada peningkatan kemampuan interaksi sosial bersama anak noral lainnya. Jadi ada pengaruh dengan bermain kolaboratif menggunakan nature table Montessori terhadap kemampuan interaksi sosial anak autis dalam kelas inklusi.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...