Pengenalan metode eksperimen dalam pembelajaran sains anak usia dini merupakan penerapan metode pembelajaran melalui stimulasi untuk meningkatkan rasa ingin tahu, minat, dan pemecahan masalah, sehingga anak mengamati dan merefleksikan konsep dan peristiwa yang dikembangkannya. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui tahap persiapan, tahap penerapan, dan tahap evaluasi penerapan metode eksperimen pembelajaran sains anak usia dini di TK Himawari. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah anak-anak usia 4-6 tahun Kelompok TK B sebanyak 11 anak dan guru. Hasil penelitian bahwa menunjukkan tahap persiapan meliputi rancangan pelaksanaan pembelajaran dan media pembelajaran. Tahap penerapan pembelajaran sains meliputi penjelasan kegiatan, mengenalkan alat dan bahan, memberikan arahan terkait langkah-langkah percobaan dan membuat kesepakatan sebelum bermain. Tahap evaluasi setelah pembelajaran sains meliputi penilaian terhadap anak dari proses pembelajaran hingga hasil belajar anak.
Copyrights © 2024