Jurnal Pelita PAUD
Vol 9 No 1 (2024): Jurnal Pelita PAUD

Optimalisasi Pembelajaran Menulis Naratif Melalui Media Komunikatif pada Siswa Berkebutuhan Khusus Tunarungu

Sriwidiastuty, Asi (Unknown)
Sarwi (Unknown)
Sudarmin (Unknown)
Nurcahyono, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Dec 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mereview optimalisasi media gambar seri sebagai media komunikatif dalam pembelajaran menulis naratif bagi siswa tunarungu. Penelitian ini menggunakan metode literature review atau tinjauan pustaka. Diperoleh 15 artikel yang sesuai dengan tujuan literature review. Literature review ini disintesis menggunakan metode naratif dengan mengelompokkan data-data hasil ekstraksi yang sejenis sesuai dengan hasil yang diukur untuk menjawab tujuan. Hasil literature review dari 15 artikel yang relevan menunjukkan bahwa dengan adanya penggunaan media gambar yang dapat meningkatkan kemampuan menulis bagi siswa. Siswa lebih senang dengan adanya penggunaan media gambar sebagai penunjang dalam proses belajarnya. Media komunikatif berupa gambar dapat membuat daya tarik siswa agar lebih memahami sekaligus mengenal berbagai macam gambar yang disajikan sehingga dapat meningkatkan daya ingat siswa.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

pelitapaud

Publisher

Subject

Education Neuroscience Other

Description

Jurnal Pelita PAUD adalah jurnal yang diterbitkan oleh Program Studi PGPAUD STKIP Muhammadiyah Kuningan pada tahun 2016, terbit dua kali dalam satu tahun yaitu pada bulan Juni dan Desember. Jurnal Pelita PAUD memuat beragam disiplin ilmu pendidikan PAUD, terutama dalam lingkup teori PAUD, praktek ...