Studia Religia: Jurnal Pemikiran dan Pendidikan Islam
Vol 8 No 2 (2024): Edisi Desember 2024

BERPIKIR KREATIF MELALUI MODEL TIME TOKEN PADA PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MTs MUHAMMADIYAH 13 SOLOKURO LAMONGAN

Saputro, Fathan Faris (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Dec 2024

Abstract

This study examines the challenges in fostering students' creative thinking in learning Akidah Akhlak at MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Lamongan and highlights the implementation of the Time Token Model as a solution. The formulation of the problem includes learning Akidah Akhlak, creative thinking through the Time Token Model, and its impact. The research method uses a qualitative experimental approach with data collection techniques in the form of interviews, participant observation, and documentation. The results of the study indicate that the learning adapts the 2013 curriculum with a collaborative approach, while the Time Token Model is effective in improving students' creativity through discussion, sharing opinions, and solving ethical problems. The implementation of the model successfully improves students' understanding of the concept of Akidah Akhlak as well as their communication and creative thinking skills Penelitian ini mengkaji tantangan dalam membangkitkan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Muhammadiyah 13 Solokuro Lamongan dan menyoroti penerapan Model Time Token sebagai solusi. Rumusan masalah meliputi pembelajaran Akidah Akhlak, berpikir kreatif melalui Model Time Token, dan dampaknya. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif eksperimen dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi partisipan, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran tersebut menyesuaikan kurikulum 2013 dengan pendekatan kolaboratif, sementara Model Time Token efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa melalui diskusi, berbagi pendapat, dan pemecahan masalah etika. Penerapan model tersebut berhasil meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep Akidah Akhlak serta kemampuan komunikasi dan berpikir kreatif mereka.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Studia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Other

Description

Jurnal ini mempublikasikan artikel konsep pembelajaran dan luaran pembelajaran dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Fokus dan ruang lingkup jurnal ini diantaranya: Bahan pendidikan Agama Islam Edukator dan siswa Metode pembelajaran Kurikulum Politik Edukasi Filosofi pendidikan Pendidikan sejarah ...