Socius: Social Sciences Research Journal
Vol 2, No 5 (2024): December

Peran Konsumen dalam Menciptakan Keseimbangan Persaingan Pasar Sempura

Nasution, Akmal Huda (Unknown)
Matondang, Khairani Alawiyah (Unknown)
Simbolon, Arabella Vanya Damara (Unknown)
Pandia, Yolipia Besalel Br (Unknown)
Sitorus, Safitri Fadilah Ayu (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran konsumen dalam menciptakan keseimbangan pasar sempurna, sebuah konsep ekonomi ideal yang ditandai oleh persaingan sehat, transparansi informasi, dan kesetaraan dalam akses terhadap sumber daya. Dalam konteks pasar modern yang seringkali didominasi oleh pelaku besar, konsumen memiliki posisi strategis dalam memengaruhi dinamika pasar. Artikel ini menggunakan metode studi pustaka untuk mengkaji bagaimana keputusan dan preferensi konsumen dapat mendukung terciptanya pasar sempurna serta mengidentifikasi hambatan utama yang dihadapi dalam proses ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa konsumen yang berperilaku rasional dan etis dapat mendorong peningkatan kualitas produk, inovasi, dan persaingan sehat.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Socius

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-ilmu Sosial is a multi and interdisciplinary peer-reviewed academic research journal serving the broad social sciences community. The journal welcomes excellent contributions that advance our understanding on a broad range of topics including anthropology, sociology, ...