Jurnal Penelitian Manajemen (JPEMA)
Vol 2 No 2 (2024): JURNAL PENELITIAN MANAJEMEN

PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN SARANA PRASARANA TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA PRODI MANAJEMEN UNIVERSITAS UTPADAKA SWASTIKA

Santi (Unknown)
Tomahuw, Roberto (Unknown)
Hutagalung, Arvadi (Unknown)
Tobing, Suasana Hisanti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Oct 2024

Abstract

Topik ini bertujuan untuk mengeksplorasi hubungan antara kualitas pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh perguruan tinggi swasta di Indonesia terhadap tingkat kepuasan mahasiswa. Dalam konteks pendidikan tinggi yang semakin kompetitif, pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan mahasiswa menjadi sangat penting, baik untuk pengembangan institusi pendidikan itu sendiri maupun untuk meningkatkan pengalaman belajar mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan melibatkan pengumpulan data melalui survei kepada mahasiswa sebagai responden yang mewakili populasi mahasiswa sebanyak 54 mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknis statistik dengan mengunakan aplikasi SmartPLS versi 3 untuk mengidentifikasi pengaruh antara kualitas pelayanan dan sarpras terhadap kepuasan mahasiswa Universitas Utpadaka Swastika Tangerang. Hasil penelitian menunjukan Kualitas pelayanan terhadap kepuasna mahasiswa memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0,534; T-Statistik 3,530 < 1,96; dan P-Value 0,000 > 0,05. Maka dapat dikatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Sarana prasarana terhadap kepuasan mahasiswa memiliki hubungan yang positif yaitu sebesar 0,385; T-Statistik 2.649 > 1,96; dan P-Value 0,008<0,05. Maka dapat dikatakan bahwa sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan mahasiswa. Kualitas pelayanan dan sarana prasarana berpengaruh kuat terhadap variabel kepuasan mahasiswa yaitu sebesar 0,788.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpema

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Penelitian Manajemen (JPEMA) merupakan wadah bagi dosen prodi manajemen dalam menulis karya Ilmiah di bidang manajemen pemasaran, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen keuangan. Artikel yang berhak diterbitkan harus melalui review 1 dan 2 dengan similarity index maksimal ...