Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kreativitas guru akidah akhlak dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif di MA DDI Lemo Bajo serta faktor pendukung dan penghambat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif. Prosedur pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dianalisis dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Bentuk kreativitas guru akidah akhlak dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif di MA DDI Lemo Bajo meliputi a) kreativitas guru akidah akhlak dalam menggunakan sumber belajar yaitu dengan menggunakan beberapa sumber belajar sebagai acuan referensi dalam pembelajaran seperti buku paket akidah akhlak, buku pendukung yang relevan, dan juga mengakses dari internet berupa jurnal dan sumber materi lainnya b) kreativitas guru akidah akhlak dalam menggunakan metode pembelajaran yaitu dengan menggunakan beberapa metode (multimetode) seperti metode ceramah, diskusi, tanya jawab, demonstrasi, keteladanan, dan metode pemberian tugas, penggunaan metode-metode tersebut menyesuaikan dengan materi pelajaran yang akan disampaikan c) Kreativitas guru akidah akhlak dalam mengelola kelas mulai dari kegiatan pendahuluan hingga ditengah proses pembelajaran yaitu mengecek keadaan kelas, pemberian motivasi kepada siswa, menunjukkan sikap tanggap seperti memberi reaksi ketika terjadinya gangguan di tengah proses pembelajaran berupa pemberian yel-yel, pemberian teguran dalam bentuk pertanyaan terkait materi, dan juga pemberian nasehat. 2) Faktor pendukung dan penghambat kreativitas guru akidah akhlak dalam menciptakan suasana pembelajaran yang efektif yaitu a) faktor pendukung meliputi faktor siswa yang mana mereka bisa menerima apa yang guru akidah akhlak terapkan atau berikan dan faktor lingkungan, lingkungan tersebut bisa berasal dari lingkungan sekolah itu sendiri atau lingkungan keluarga/orang tua. b) faktor penghambat yaitu kembali kefaktor siswa karena biasanya terdapat beberapa siswa yang lumayan sulit untuk dikondisikan, faktor lingkungan keluarga/orang tua, dan faktor sarana dan prasarana sekolah yang belum cukup memadai.Kata kunci: Kreativitas Guru Akidah Akhlak; Pembelajaran Efektif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024