Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik media pembelajaran e-modul interaktif berbasis web menggunakan aplikasi canva pada pembelajaran IPA SMP. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data kualitatif yang dikumpulkan berupa kajian terperinci terkait karakteristik e-modul, Teknik pembuatan produk, dan implementasi produk pada pembelajaran IPA SMP. Instrumen penelitian meliputi angket, panduan wawancara, dan lembar observasi. Angket melibatkan guru IPA SMP guna menggali pengetahuan tentang aplikasi canva, Wawancara melibatkan interaksi langsung antara peneliti dan guru dan siswa mata pelajaran IPA SMP SMP untuk mendapatkan data berupa pengalaman dan persepsi terhadap karakteristik e-modul, sedangkan observasi melibatkan pengamatan langsung terhadap fitur-fitur e-modul. Teknik analisis data menggunakan tahapan reduksi data, penyajian data, analisis data dan deskripsi hasil penelitian. Hasil penelitian menunjukkan: 1) teknik pembuatan e-modul interaktif berbasis web menggunakan aplikasi canva ini memanfaatkan fitur utama yakni embed dan share link, 2) E-modul interaktif berbasis web telah memenuhi kriteria ditinjau dari aspek materi, desain dan media. 3) e-modul interaktif berbasis web ini dapat diimplementasikan sebagai penunjang pembelajaran direct instruction maupun flipped classroom. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu e-modul berbasis web menggunakan aplikasi canva memiliki karakteristik yang dapat menunjang metode direct instruction maupun flipped classroom dalam pembelajaran IPA SMP.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024