Jurnal EMPATI
Jurnal Empati: Volume 13, Nomor 5, Tahun 2024 (Oktober 2024)

OPTIMISME PADA MAHASISWA ATLET KARATE YANG MENERIMA BEASISWA BERPRESTASI DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOKERTO

Nur, Salma Pamela (Unknown)
Hamzah, Imam Faisal (Unknown)
Nur'aeni, Nur'aeni (Unknown)
Wahidah, Fatin Rohmah Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jan 2025

Abstract

Mahasiswa atlet karate yang menerima beasiswa berprestasi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto selain mempertahankan prestasi karate juga harus mampu menyeimbangkan prestasi akademik supaya beasiswa tidak dicabut. Mahasiswa atlet karate memerlukan optimisme guna mempertahankan prestasi karate dan mendapatkan hasil akademik dengan IPK diatas 3 dari skala 4. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran optimisme pada mahasiswa atlet karate yang menerima beasiswa berprestasi di Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif fenomenologi dengan strategi IPA (Interpretative Phenomenological Analysis). Partisipan penelitian ini adalah tiga mahasiswa atlet karate penerima beasiswa berprestasi yang terdiri dari satu lakilaki dan dua perempuan. Berdasarkan hasil penelitian, seluruh partisipan memiliki optimisme yang dipengaruhi oleh aspek permanence (ketetapan suatu peristiwa), pervasiveness (keleluasaan suatu peristiwa), personalization (sumber suatu peristiwa), dan dukungan sosial. Seluruh partisipan memiliki perbedaan dalam motivasi berkuliah, bentuk pribadi yang berambisi, target akademik, upaya strategis, dan dukungan sosial yang didapatkan sehingga dapat diambil kesimpulan bahwa setiap partisipan memiliki perbedaan gambaran optimisme yang berbedabeda.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

empati

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal EMPATI is a scientific publication media that will be published six times a year in February, April, June, August, October, and December. Jurnal EMPATI is a scientific publication that accommodates scientific articles and empirical studies in Clinical Psychology, Developmental Psychology, ...