ABSTRAK Dari beberapa model pembelajaran yang ada, model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning. Pembelajaran Problem Based Learning adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Dalam pembelajaran ini siswa harus dapat mengembangkan ketrampilan dan pemahaman konsep perekonomian untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi? (b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ekonomi dengan diterapkannya metode Pembelajaran Problem Based Learning? Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar Ekonomi . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ekonomi setelah diterapkannya Pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka . Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Problem Based Learning dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ekonomi. Kata Kunci: Ekonomi, Problem Based Learning ABSTRACT Of the several existing learning models, the learning model that is interesting and can trigger increased student reasoning is the Problem Based Learning model. Problem Based Learning is a brain-friendly teaching system that produces meaning by connecting academic content with the context of students' daily lives. In this learning, students must be able to develop skills and understanding of economic concepts to apply them in everyday life. This research is based on the problem: (a) Does Problem Based Learning have an effect on Economics learning outcomes? (b) How high is the level of mastery of Economics subject matter with the application of the Problem Based Learning method? The aim of this research is: (a) To reveal the influence of Problem Based Learning on Economics learning outcomes. (b) Want to know how far the understanding and mastery of Economics subjects is after implementing Problem Based Learning. This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: design, activities and observations, reflection, and revision. The target of this research is Class X students of SMA Negeri 1 Mawasangka. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities. The conclusion of this research is that the cooperative method of the Problem Based Learning model can have a positive influence on the learning motivation of Class Keywords: Economics, Problem Based Learning
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023