cover
Contact Name
Iwan Kandori
Contact Email
iwankandori@unima.ac.id
Phone
+6281340426778
Journal Mail Official
literacyjpe@unima.ac.id
Editorial Address
Jurusan Pendidikan Ekonomi Fekon Universitas Negeri Manado . Jl. Kampus UNIMA,Tondano, Minahasa, Indonesia.
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
ISSN : -     EISSN : 27749185     DOI : https://doi.org/10.53682/10.53682
Core Subject : Economy, Education,
LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen & Bisnis, Administrasi Perkantoran, Usaha Mikro Kecil Menengah dan Koperasi yang berimplikasi untuk meningkatkan pendidikan dan pembelajaran Ekonomi. Jurnal ini terbit di bulan Juni dan Desember sejak tahun 2020.
Articles 525 Documents
Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 Pada mata pelajaran IPS TERPADU di SMP SATAP TUMPAAN Indy .; Yance Tawas; Shelty Sumual
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (342.208 KB) | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.577

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pembelajaran Berbasis Masalah ( PBM ) dalam Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V111 Pada mata pelajaran IPS TERPADU di SMP SATAP TUMPAAN. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah 341 dengan sampel 34 siswa. Berdasarkan hasil penelitian Hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe PBM lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan pembelajaran secara konvensional pada pokok bahasan kegiatan ekonomi. Dari Pengujian Hipotesis minat belajar siswa menunjukan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar antara kelas eksperimen dengan penerapan model pembelajaran tipe PBM dan kelas control dengan pembelajaran konvensional. Dengan adanya model pembelajaran kooperatif tipe PBM memberikan pengaruh yang sangat signifikan atau berarti dalam meningkatkan minat hasil belajar. Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif dan Meningkatkan Hasil Belajar   ABSTRAK This study aims to determine the Application of Cooperative Learning Model Based on Problem Based Learning (PBM) in Improving Student Learning Outcomes of Class V111 in Integrated Social Studies subjects at SMP SATAP TUMPAAN. The research method used is the experimental method. The population of this study was 341 with a sample of 34 students. Based on the research results, student learning outcomes taught by applying the PBM cooperative learning model were better than student learning outcomes taught by conventional learning on the subject of economic activities. From the Hypothesis Testing, student interest in learning shows that there are differences in learning outcomes between the experimental class with the application of the PBM type learning model and the control class with conventional learning. With the cooperative learning model type PBM has a very significant or significant effect in increasing interest in learning outcomes. Keywords:Cooperative Learning Model and Improve Learning Outcomes.
Pengaruh Insentif Dan Jaminan Sosial Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Pada PT. Astra Daihatsu Malalayang Manado Cherys Laloan; Iwan Kandori; Ribka Natasia Rori
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (240.769 KB) | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.579

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of incentives and social security on employee productivity at PT. Astra Daihatsu Malalayang Manado. This research method is a survey method with a sample of 33 from a total population of 36. Based on the results of the study, there is a significant influence between the Incentive variable on Work Productivity, so if employee work productivity goes well, the incentive can increase. So if employee work productivity goes well, incentives can increase. There is a significant influence between the Social Security variable on Work Productivity, so if employee work productivity goes well, Social Security will be provided by the company. There is a significant influence between the Incentive variable and the Social Security variable together on Work Productivity, the Incentive variable and the Social Security variable have an effect or have a joint relationship with the Work Productivity variable.
Pengaruh Literasi Keuangan Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pekerja Industri Meubel Di Desa Touliang Oki Tivany Maerah; Consuslasia Korompis; Joubert M. Dame
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (312.413 KB) | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.580

Abstract

This study aims to determine the extent of the influence of financial literacy and work discipline on the performance of furniture industry workers in the village of Touliang Oki. The method used in this study uses a type of quantitative research survey method. The population in this study was 51 and the research sample was 45. Based on data analysis The results showed that financial literacy has a positive or significant effect on employee performance. Thus, the first hypothesis is accepted. The results showed that work discipline has a positive or significant effect on employee performance. Thus, the second hypothesis is accepted. The results showed that Financial Literacy and Work Discipline had a positive or significant effect together on employee performance. Thus, the third hypothesis is accepted.
Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah dan Media Pembelajaran Berbasis Online Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pemasaran Online Kelas XI di SMK Negeri 2 TONDANO Natalia S. N Larumpa; Consuslasia Korompis; Sem Dehop
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (267.14 KB) | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.583

Abstract

This study aims to determine the effect of problem-based learning and online-based learning media on student learning outcomes in online marketing subjects in class XI at SMK Negeri 2 TONDANO. The research method used in this research is the experimental method. Based on the research it is known that student learning outcomes using the Problem Based Learning Model in class XI Marketing 1 SMK N 2 Tondano have increased. There are differences in student results through test results using Problem Based Learning Model (Problem Based Learning). So there is an increase in student learning outcomes by using the Problem Based Learning Model (Problem Based Learning). Based on the research, it is known that student learning outcomes using online-based learning media in class X1 marketing at SMk N 2 Tondano have increased after the application of the use of online-based learning media. There are differences in student results through test results using online-based learning media. So there is an increase in student learning outcomes using online-based learning media
Pengaruh Kapasitas Produksi Dan Permintaan Terhadap Pendapatan Petani Gula Aren Di Desa Tombatu 2 Farly Dopas; Consuslasia Korompis; Yance Tawas
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (162.089 KB) | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.598

Abstract

  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kapasitas Produksi Dan Permintaan Terhadap Pendapatan Petani Gula Aren Di Desa Tombatu 2. Metode penelitian yang digunakan penulis adalah metode survey pendekatan kuantitatif. populasi dalam penelitian ini berjumlah 33 orang dengan sampel 30 orang. Berdasarkan hasil dari analisis dan pembahasan yang dilakukan dengan menggunakan regresi linier berganda, dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kapasitas Produksi (X1) memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadap Pendapatan Petani Gula Aren (Y). Dengan demikian, hipotesis pertama diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Permintaan (X2) memiliki pengaruh positif atau signifikan terhadapPendapatan Petani Gula Aren (Y). Dengan demikian, hipotesis kedua diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kapasitas Produksi (X1) dan Permintaan (X2) memiliki pengaruh positif atau signifikan secara bersama-sama terhadap Pendapatan Petani Gula Aren (Y). Dengan demikian, hipotesis ketiga diterima. Kata Kunci: Kapasitas produksi, permintaan dan pendapatan petani     This study aims to determine the effect of production capacity and demand on palm sugar farmers' income in Tombatu Village 2. The research method used by the author is a survey method with a quantitative approach. population in this study amounted to 33 people with a sample of 30 people. Based on the results of the analysis and discussion conducted using multiple linear regression, the following conclusions can be drawn: The results show that Production Capacity (X1) has a positive or significant effect on Palm Sugar Farmers' Income (Y). Thus, the first hypothesis is accepted. The results showed that demand (X2) had a positive or significant effect on the income of palm sugar farmers (Y). Thus, the second hypothesis is accepted. The results showed that Production Capacity (X1) and Demand (X2) had a positive or significant effect together on Palm Sugar Farmers' Income (Y). Thus, the third hypothesis is accepted. Keywords: Production capacity, farmer demand and income
MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON Umiyati Annisaa Basis; Allen Manongko; Gilly M Tiwow
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (203.958 KB) | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.612

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui MODEL PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL (HOTS) PADA SISWA DI SMA KRISTEN 1 TOMOHON. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan Research & Development (R&D). Berdasarkan hasil penelitian Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kemudian disajikan dalam bentuk modul. Materi yang ditulis dalam modul tersebut diambil dari berbagai sumber tentunya sesuai dengan kompetensi dasar dan kompetensi inti yang ada maupun yang ingin dicapai. Kemudian, kelayakan materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang disajikan dalam bentuk modul termasuk dalam kategori baik dan layak digunakan. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi kemudian disajikan dalam bentuk modul di uji maupun digunakan pada kelas XI IPS 1 di SMA Kristen 1 Tomohon dengan menggunakan metode penelitian Addie. Dalam perancangan modul dan materi ini tidak lepas dari beberapa bantuan yaitu bantuan dari beberapa sumber baik dari sumber internet, buku cetak, maupun masukan dari guru dan dosen, sehingga terbentuklah materi pertumbuhan dan pembangunan ekonomi yang disajikan dalam bentuk modul dapat berguna dan mempermudah siswa untuk belajar baik didalam kelas maupun pada saat pandemi saat ini belajar dari rumah dan dalam jaringan.
PENGARUH KINERJA PENGURUS DAN MOTIVASI ANGGOTA TERHADAP PERKEMBANGAN KOPERASI SIMPAN PINJAM MEKAR JAYA TONDANO Regina Pongilatan; Yance Tawas; Gilly M Tiwow
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 1 No. 2 (2020): Desember
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v1i2.1596

Abstract

Penelitian ini membutuhkan menjelang memahami imbas Kinerja Pengurus terhadap Perkembangan koperasisimpanpinjammekarjayatondano, imbas. Motivasi Anggota terhadap Perkembangan koperasi simpan pinjam mekar jaya tondano, dan imbas Kinerja Pengurus dan Motivasi Anggota secara bersama-arah-arah terhadap Perkembangan koperasi simpan pinjam mekar jaya tondano. Penelitian ini menjadikan penentuan asosiatif kausal tambah publik bani yang berjumlah 350 keluarga. Jumlah pola 78 keluarga diambil tambah mengabdikan proses simple random sampling. Metode penghimpunan masukan mengabdikan kuesioner dan dokumentasi. Teknik uraian masukan mengabdikan kejatuhan berganda. Hasil penentuan ini menyinggir terpendam imbas klise dan berarti Kinerja Pengurus terhadap Perkembangan koperasi simpan pinjam mekar jaya tondano, terpendam imbas klise dan berarti Motivasi Anggota terhadap Perkembangan Koperasi, dan terpendam imbas klise dan berarti Kinerja Pengurus dan Motivasi Anggota secara bersama-arah-arah terhadap Perkembangan Koperasi. Sumbangan bermanfaat penyebab Kinerja Pengurus sebanyak 90,89 �n Motivasi Anggota sebanyak 90,89% terhadap Perkembangan koperasi.
PENGARUH BERMAIN GAME ONLINE DAN SISTEM PEMBELAJARAN DARING TERHADAP ANTUSIAS BELAJAR SISWA SMA NEGERI I REMBOKEN Fanda V Manengal; Ventje A Senduk; Gilly M Tiwow
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v2i1.1609

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini, bertujuan : untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh bermain game online dan sistem pembelajaran daring terhadap antusias belajar siswa sma negeri 1 remboken. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode survei analitis. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken yang berjumlah 30 orang. Karena jumlah populasi kurang dari 100 maka seluruh populasi dijadikan sampel. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan angket (kuesioner) dan dokumentasi. berdasarkan penelitian yang telah dilakukan. hasil penelitian menunjukan bahwa variable bermain game online memiliki pengaruh terhadap variabel antusias belajar. hal ini berarti ketika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Remboken bermain game online secukupnya hanya untuk menghilangkan rasa penat maka hal itu akan meningkatkan kembali rasa antusias belajar. Hasil penelitian menunjukan bahwa variable pembelajaran daring memberikan pengaruh terhadap variabel antusias belajar, hal ini berarti ketika siswa melakukan pembelajaran daring dengan metode belajar yang menyenagkan maka dapat meningkatkan antusias belajar siswa. hasil penelitian menunjukan bahwa variable bermain game online dan pembelajaran daring secara bersama-sama (simultan) berpengaruh terhadap antusias belajar siswa kelas XI IPS SMA negeri 1 Remboken. Artinya jika siswa bisa memanfaatkan game online dan pembelajaran daring dengan baik, maka antusias belajar akan meningkat.
HUBUNGAN ANTARA KUNJUNGAN KE PERPUSTAKAAN DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN BELAJAR SISWA DI SMK LPMD ADOW Santima Podomi; Ventje A Senduk; Feine R Tulung
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v2i1.1616

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan: untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow;  untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow;  untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara kunjungan ke perpustakaan dan  minat baca terhadap kemampuan belajar siswa di SMK LPMD Adow. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional dengan populasi adalah siswa SMK LPMD Adow yang terdiri dari tiga kelas dengan jumlah siswa sebanyak 83 orang siswa dan sampel sebanyak 69 siswa. Analisis uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji linearitas. Analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi sederhana dan korelasi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,49 atau 49%. terdapat hubungan yang signifikan antara minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,53 atau 53%. terdapat hubungan yang signifikan antara kunjungan ke perpustakaan dan minat baca terhadap kemampuan belajar siswa, sebesar 0,77 atau 77%. Kata Kunci : Kunjungan ke Perpustakaan, Minat Baca dan Kemampuan Belajar     ABSTRACT This study aims: to determine whether there is a relationship between visits to the library and the learning ability of students in Adow Junior High Schools LPMD; to determine whether there is a relationship between reading interest and students' learning ability in Adow Primary Schools Junior High Schools, Adow; to determine whether there is a relationship between visits to the library and interest in reading on the learning ability of students at Adow Junior High School. This research is a correlational study with a population of students of SMK LPMD Adow which consists of three classes with a total of 83 students and a sample of 69 students. The prerequisite test analysis used the normality test and linearity test. The data analysis used is simple correlation analysis and multiple correlation. The results showed that there was a significant relationship between visits to the library on students' learning abilities, amounting to 0.49 or 49%. There is a significant relationship between reading interest and student learning ability, amounting to 0.53 or 53%. There is a significant relationship between visits to the library and reading interest on students' learning abilities, amounting to 0.77 or 77%. Keywords: Library Visit, Reading Interest and Learning Ability    
PENGARUH PENDAPATAN ORANG TUA DAN LINGKUNGAN SOSIAL TERHADAP MINAT SISWA UNTUK MELANJUTKAN PENDIDIKAN KE PERGURUAN TINGGI SMA SWADHARMA MOPUGAD Ni Luh Ariyani; Amsje Winokan; Gilly M Tiwow
Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi Vol. 2 No. 1 (2021): Juni
Publisher : Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNIMA

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/jpeunima.v2i1.1617

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya pengaruh pendapatan orang tua dan lingkungan sosial secara bersama-sama terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survey dimana kuesioner menjadi teknik dalam pengumpulan data. Populasi yang diambil adalah seluruh siswa kelas XII IPA SMA Swadharma Mopugad, dengan sampel penelitian yang dihitung menggunakan rumus Slovin dan mendapatkan total sampel sebanyak 44 siswa. Data di analisis menggunakan analisis regresi berganda, hasilnya adalah thitung X1= 1,862 > ttabel = 0,297 dan thitung X2= 5,073 > ttabel = 0,297 dengan demikian H0 ditolak pada taraf signifikan 0,05 dan menerima H1 sehingga kesimpulannya adalah pendapatan orang tua dan lingkungan sosial berpengaruh terhadap minat siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi.

Page 1 of 53 | Total Record : 525