Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi
Vol. 5 No. 1 (2024): Juni

PENGARUH FASILITAS BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NEGERI 1 BOLAANG

Tukunang, Tiara Tasya (Unknown)
Tamboto, Henry J. (Unknown)
Pontoh, Jones (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Smk Negeri 1 Bolaang. Populasi dalam penelitian ini adalah 108 siswa. Sedangkan Sampel dalam penelitian ini adalah 85 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah Teknik kuisioner (angket). Jenis penelitian merupakan jenis penelitian kuantitatif metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian survey. Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas Belajar terhadap hasil belajar siswa. Terdapat pengaruh yang signifikan Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar siswa  terhadap hasil belajar siswa. Besarnya pengaruh Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar siswa koefsien korelasi 0,61 dengan nilai R Square 0,3721 atau 37,21%. Ini berarti semakin baik Fasilitas Belajar dan Motivasi Belajar siswa maka akan lebih efektiv bagi pembelajaran siswa. Kata Kunci:  Fasilitas Belajar, Motivasi Belajar dan Hasil Belajar   Abstrack This research aims to determine the influence of learning facilities and learning motivation on student learning outcomes at SMK Negeri 1 Bolaang. The population in this study was 108 students. Meanwhile, the sample in this research was 85 students. The technique used in data collection is the questionnaire technique. This type of research is a type of quantitative research. The research method used in this research is the survey research method. There is a significant influence of Learning Facilities on student learning outcomes. There is a significant influence of Learning Facilities and student Learning Motivation on student learning outcomes. The magnitude of the influence of Learning Facilities and Student Learning Motivation has a correlation coefficient of 0.61 with an R Square value of 0.3721 or 37.21%. This means that the better the learning facilities and student learning motivation, the more effective it will be for student learning. Keywords: Facilities, Motivation and Learning Results  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpe-unima

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education

Description

LITERACY - Jurnal Pendidikan Ekonomi [ISSN 2774-9185] adalah jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Manado. Jurnal ini bertujuan untuk menyajikan artikel ilmiah dari hasil penelitian yang mencakup topik pembelajaran Pendidikan Ekonomi, Akuntansi, Manajemen ...