Penelitian ini berangkat dari kebutuhan akan penguatan karakter siswa Gen-Z Muslim melalui manajemen kurikulum yang terintegrasi dengan nilai-nilai Islami. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan manajemen kurikulum dalam mendukung penguatan karakter siswa di SD Plus Al-Kautsar Malang melalui tiga aspek utama: perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini mengungkapkan tiga fokus utama dalam manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar Malang. Pertama, perencanaan kurikulum melibatkan integrasi nilai-nilai karakter Islami yang disesuaikan dengan kebutuhan khusus Gen-Z Muslim. Kurikulum ini dirancang secara tematik, menggabungkan pelajaran agama dan pendidikan karakter dalam berbagai mata pelajaran. Kedua, pelaksanaan kurikulum meliputi kegiatan pembiasaan sehari-hari seperti salat berjamaah, membaca Al-Qur'an, serta program-program penguatan karakter seperti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5), yang juga mendukung pembentukan sikap mandiri dan berintegritas. Ketiga, evaluasi kurikulum dilakukan secara sistematis dengan metode penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik, termasuk evaluasi perilaku sehari-hari siswa oleh guru dan orang tua. Kesimpulannya, implementasi manajemen kurikulum di SD Plus Al-Kautsar secara efektif mendukung penguatan karakter Gen-Z Muslim, yang tercermin dari konsistensi dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pembelajaran
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024