Penelitian ini dilakukan untuk memahami kontribusi dan peran pustakawan serta guru dalam meningkatkan literasi siswa di wilayah 3T. Diharapkan temuan dan rekomendasi dari penelitian ini dapat memberikan kontribusi berharga dalam upaya meningkatkan literasi siswa di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran pustakawan dan guru dalam meningkatkan literasi siswa di wilayah Terluar, Terpencil, dan Tertinggal (3T). Fokus penelitian ini adalah untuk memahami kontribusi keduanya dalam mengatasi tantangan literasi yang sering dihadapi oleh wilayah terpencil. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan pustakawan, guru, dan siswa dari beberapa sekolah di wilayah 3T. Observasi juga dilakukan untuk mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang interaksi antara pustakawan, guru, dan siswa dalam konteks literasi. Diharapkan temuan dari penelitian ini dapat memberikan wawasan mendalam tentang strategi, hambatan, dan kontribusi pustakawan serta guru dalam meningkatkan literasi siswa di wilayah 3T. Rekomendasi yang dihasilkan diharapkan dapat menjadi pedoman bagi institusi pendidikan dan pemerintah dalam meningkatkan literasi siswa di daerah terluar, terpencil, dan tertinggal.
Copyrights © 2024