Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam
Vol. 7 No. 001 (2024): Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam Special Issue

NILAI NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM MENINGKATKAN KARAKTER RELIGIUS

Asrori, Achmad (Unknown)
Sunarto, Sunarto (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2024

Abstract

Isu tentang moderasi Islam sering terdengar sejak berbagai peristiwa kekerasan maupun terorisme yang dituduhkan kepada umat Islam. Benar tidaknya urusan itu, tentu itu urusan lain yang kadang-kadang menjerumus kepada persoalan politik. Penelitian ini mengeksplorasi peran nilai-nilai moderasi beragama dalam meningkatkan karakter religius individu. Moderasi beragama, yang mencakup prinsip-prinsip toleransi, keseimbangan, dan keterbukaan dalam praktik keagamaan, dianggap esensial dalam pembentukan karakter religius yang inklusif dan harmonis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode wawancara mendalam dan observasi terhadap pemuka agama, pendidik, serta peserta didik di berbagai institusi pendidikan. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai moderasi beragama secara signifikan mempengaruhi penguatan karakter religius, memperbaiki hubungan antar umat beragama, serta meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama secara lebih komprehensif. Penelitian ini merekomendasikan integrasi nilai-nilai moderasi beragama dalam kurikulum pendidikan agama untuk membangun karakter religius yang lebih toleran dan terbuka. Implikasi dari hasil penelitian ini menekankan perlunya kebijakan pendidikan yang mendukung moderasi beragama sebagai bagian dari pengembangan karakter religius di institusi pendidikan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jim

Publisher

Subject

Education

Description

Islamic Management: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam adalah jurnal berkala ilmiah yang diterbitkan oleh Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Jurusan Tarbiyah STAI Al Hidayah Bogor. Jurnal ini mengkhususkan diri pada pengkajian ilmu manajemen pendidikan Islam. Pengelola menyambut baik kontribusi ...