Epistema
Vol. 5 No. 2 (2024)

Pengembangan Media Pembelajaran Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Berbasis Aplikasi Android di Sekolah Inklusi

Sasmita, Ratu Nabilah Koswara (Unknown)
Wahzudik, Niam (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2025

Abstract

Satuan pendidikan di Indonesia menghadapi darurat tingginya kekerasan terhadap anak, khususnya di sekolah inklusi. Kendala utama adalah kurangnya edukasi tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Satuan Pendidikan (PPKSP). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pencegahan dan penanganan kekerasan berbasis aplikasi android guna memberikan edukasi PPKSP kepada anak sekolah dasar kelas tinggi. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan model ADDIE (Analysis. Design, Development, Implementation, dan Evaluation). Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kuantitatif. Hasil pengembangan aplikasi PPKSD memperoleh skor dari ahli media sebesar 85,5% dan ahli materi sebesar 90,91%. Penilaian aplikasi PPKSD pada uji coba lapangan dilakukan oleh 5 pendidik memperoleh skor 98%, dan yang diikuti 30 peserta didik kelas V memperoleh skor 92,25% sehinggan aplikasi PPKSD "Layak" digunakan untuk memberikan edukasi pencegahan dan penanganan kekerasan untuk anak sekolah dasar kelas tinggi. Berdasarkan hasil pengembangan tersebut menunjukkan bahwa aplikasi PPKSD direkomendasikan dapat dipergunakan untuk mengoptimalkan proses edukasi dan menguji efektivitasnya dalam pencegahan dan penanganan kekerasan di sekolah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

epistema

Publisher

Subject

Education

Description

Epistema is a showcase of original and scrupulously conducted research in educational technology. The scope includes curriculum development & course design, innovation in learning, technology in learning, digital technology in education, evaluation of technology application in education and etc. in ...