Edu Geography
Vol. 12 No. 2 (2024): VOL 12 NO 2 (2024)

Hubungan Tingkat Literasi Dengan Sikap Remaja Terhadap Program Generasi Berencana (Genre) Di Kecamatan Sukoharjo Dan Kecamatan Kalikajar Kabupaten Wonosobo

Hanafi, Imam (Unknown)
Ariyani Indrayati (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2024

Abstract

Tahun 2022 tingkat pernikahan usia dini di Kabupaten Wonosobo berada di atas rata-rata presentase pernikahan usia dini Provinsi Jawa Tengah. Dengan diresmikanya program GenRe (Generasi Berencana) di bawah naungan BKKBN sejak tahun 2018, angka pernikahan usia dini di Kabupaten Wonosobo mengalami penururnan di setiap tahunya. Penelitian ini bertujuan untuk memetakan sebaran keruangan pernikahan usia dini di Kabuapaten Wonosobo, mengetahui tingkat literasi program GenRe pada remaja, mengetahui sikap remaja terhadap Program GenRe, dan mendeskripsikan hubungan tingkat literasi dengan sikap remaja terhadap program GenRe di Kecamatan Sukoharjo dan Kecamatan Kalikajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis deskriptif presentase untuk mengukur tingkat literasi dan sikap remaja, serta menggunakan analisis korelasi Pearson untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antara kedua variabel. Hasil penelitian menunjukan bahwa sebaran keruangan pernikahan usia dini di Kabupaten Wonosobo terjadi di semua kecamatan. Wilayah yang secara geografis lebih tinggi memiliki prevalensi pernikahan usia dini yang tinggi dibandingkan wilayah yang secara geografis lebih rendah. Remaja di Kecamatan Sukoharjo yang secara geografis lebih dekat dengan perkotaan (urban) memiliki tingkat literasi dan sikap terhadap program GenRe yang lebih baik dibandingkan remaja di Kecamatan Kalikajar yang secara geografis lebih jauh dari perkotaan (rural). Terdapat hubungan yang positif dengan derajat korelasi sedang antara tingkat literasi dengan sikap remaja terhadap program GenRe dengan nilai sig sebesar 0.000 dan nilaiĀ  Pearson Correlation sebesar 0,428.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Edu Geography Journal [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346 ]is a Peer Reviewer Journal published by the Department of Geography, Faculty of Social Sciences, Semarang State University. Each year consists of 3 editions in April, August and November. This journal publishes 10 articles. Edu Geography ...