Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara berpikir dan pengembangan layanan bimbingan dan konseling bagi siswa berkebutuhan khusus (ketidakmampuan belajar) di SD Negeri Batok Bali Ciracas Serang Tahun 2023. Penelitian lapangan yang digunakan dalam metode penelitian adalah wawancara, observasi. dan dokumentasi digunakan untuk pengumpulan data. metode. Analisis isi digunakan dalam analisis data. Temuan penelitian menyimpulkan bahwa (1) siswa penyandang disabilitas intelektual mempunyai karakteristik yang berbeda-beda mengenai disabilitas yang dimilikinya; (2) Penyelenggaraan program pengabdian harus disesuaikan dengan kebutuhan peserta didik; (3) Perlunya perubahan kurikulum untuk memenuhi kebutuhan peserta didik; (4) Metode yang digunakan harus sesuai dengan sifat permasalahan yang dihadapi siswa; (5) Penggunaan media layanan merupakan bagian penting dalam keberhasilan program. (6) Evaluasi merupakan aspek penting dalam keberhasilan program pelayanan. (7) Sekolah harus bersinergi dengan unsur sekolah untuk menjamin kelancaran fungsi layanan bimbingan dan pembelajaran
Copyrights © 2024