JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN
Vol. 1 No. 4 (2024): Desember

Membangun Ekosistem E-Commerce yang Inklusif: Analisis Model Bisnis dan Strategi Pengembangan Platform Penjualan Produk UMKM dengan Dukungan GPN

Nabila Anisa Risca Lubis (Unknown)
Muhammad Irwan Padli Nasution (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Dec 2024

Abstract

Membangun ekosistem e-commerce inklusif sangat penting untuk mendorong pertumbuhan ekonomi digital dan memberdayakan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Analisis ini membahas model bisnis dan strategi pengembangan untuk platform penjualan produk UMKM dengan dukungan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (GPN). Studi ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kasus pada platform e-commerce tertentu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model bisnis platform harus didasarkan pada nilai inklusivitas, kemudahan akses, dan dukungan untuk pengembangan UMKM. Strategi pengembangan platform meliputi integrasi sistem pembayaran digital, pengembangan konten dan pemasaran digital, serta penyediaan program mentoring dan pelatihan untuk UMKM.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jaem

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL AKADEMIK EKONOMI DAN MANAJEMEN (JAEM) berfokus pada penerbitan artikel berkualitas tinggi yang didedikasikan untuk semua aspek penelitian, masalah, dan perkembangan terbaru di bidang Ilmu Manajemen. Topik dalam Jurnal ini berkaitan dengan aspek apapun dari manajemen, namun tidak terbatas pada ...