Saat ini perhatian dunia terhadap pendidikan lingkungan untuk keberlanjutan menjadi semakin parah berurusan dengan kerusakan lingkungan menjadi lebih luas. Oleh karena itu, pemerintah Indonesia telah meluncurkan program Adiwiyata yang bertujuan untuk membangun kesadaran lingkungan di antara anggota sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan bagaimana Sekolah mengintegrasikan program ini ke dalam sistem sekolah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMP) Negeri 4 Kota Jambi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sekolah ini menerapkan program Adiwiyata dengan standar pemerintah dan memenangkan penghargaan Adiwiyata nasional. Keberhasilan ini didukung oleh kepemimpinan yang kuat, partisipasi aktif dari penghuni sekolah, soliditas dan pengembangan berkelanjutan. Juga, sebagai program pemerintah berdasarkan instrumen standar dan manajemen birokrasi, program ini menggiring Sekolah untuk memenangkan penghargaan daripada mewujudkan kesadaran lingkungan.
Copyrights © 2024