Dengan semakin masifnya pemaanfaatan teknologi perkantoran dalam dunia kerja, menuntut setiap lembaga pendidikan untuk mempersiapkan siswa dan lulusan dengan kompetensi dalam pemanfaatan teknologi perkantoran, khususya e-office dan digitalisasi arsip perkantoran. Namun demikian permasalahan yang terjadi adalah para guru yang belum memiliki kompetensi dalam e-office dan disgitalisasi arsip. Oleh karena itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi para guru sekolah menengah kejuruan, jurusan perkantoran dan kesekretarisan dalam penguasaan e-ofice dan digitalisasi arsip, serta pengelolaannya melalui aplikasi berbasis website. Metode yang digunakan dalam program peningkatan kompetensi guru ini terdiri dari tiga tahap, yaitu tahapan persiapan dengan melakukan identifikasi masalah dan kebutuhan, penyusunan kurikulum, penyusunan jadwal kegiatan serta penyususnan materi pelatihan. Tahapan pelaksanaan terdiri dari tutorial, simulasi, praktik mandiri. Sedangkan tahapan evaluasi terdiri dari monitoring dan evaluasi. Dampak dari program ini adalah (1) Para guru menyatakan bahwa setelah mengikut pelatihan ini mereka memiliki pemahaman yang lebih baik tentang konsep e-office dan digitalisasi arsip. (2) Para guru merasa lebih mampu dalam menciptakan dan mengelola arsip digital. (3) Para guru merasa lebih mampu dalam memanfaatkan aplikasi perkantoran khusunya aplikasi penyimpanan arsip berbasis website (cloud). (4) Para guru merasa lebih percaya diri dalam mengajar dan melatih siswa terkait dengan praktik perkantoran khususnya dalam pemanfaatan e-office, dan digitalisasi arsip kantor
Copyrights © 2025