BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
Vol. 6 No. 1 (2025)

Analisis Pemahaman Guru PAUD dalam Merancang Model Pembelajaran Berbasis Inklusi Gender

Kuniawati, Leli (Unknown)
Handayani, Hany (Unknown)
Azzahra, Silvia (Unknown)
Nurapiani, Hersi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Jan 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman guru PAUD dan masyarakat tentang pendidikan inklusi gender di Rumah Pintar Al-Barokah, Een Sukaesih, Kabupaten Sumedang. Melalui seminar yang melibatkan diskusi interaktif dan workshop, peserta diberikan pemahaman mengenai konsep pendidikan inklusi serta strategi merancang model pembelajaran responsif gender. Hasil evaluasi melalui kuesioner menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman peserta setelah mengikuti kegiatan, meskipun terdapat tantangan dalam implementasi di lapangan. Keberhasilan penghidupan kembali program Kober dan peningkatan partisipasi anak-anak dalam pendidikan menjadi indikator positif dari kegiatan ini. Temuan ini menegaskan pentingnya kolaborasi dan pendidikan inklusif dalam mendorong perubahan sosial, serta membuka peluang untuk pengembangan program pendidikan lebih lanjut di masa depan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

bernas

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Dentistry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Neuroscience Nursing Public Health Social Sciences Veterinary Other

Description

The aim of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results that have been achieved in the area of community services. Bernas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, particularly focuses on the main problems in the development of the sciences of ...