Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas berbasis media pembelajaran PowerPoint yang meliputi (1) design template yang dapat digunakan untuk menampilkan teks, termasuk animasi; (2) costume show, fasilitas ini dapat dilakukan dengan berbagai cara; (3) office art, yang digunakan untuk mendukung keterampilan desain tertentu; (4) file gambar, yang berfungsi untuk simpan file gambar; (5) Delivering presentation, yang digunakan dalam memudahkan penyajian dokumen dalam berbagai situasi. Media pembelajaran ini digunakan untuk tujuan meningkatkan motivasi, efektivitas dan hasil belajar siswa. Tujuan penelitian untuk menilai efektivitas media pembelajaran PowerPoint dalam memfasilitasi pendidikan siswa sekolah kejuruan. Tujuan spesifiknya antara lain: (1) mengetahui keefektifan media PowerPoint terhadap nilai pembelajaran Informatika siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMKN 4 Makassar; (2) Untuk mengevaluasi keefektifan penggunaan media pembelajaran PowerPoint dalam memantau aktivitas belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMKN 4 Makassar pada mata pelajaran Informatika; (3) Untuk menilai sejauh mana media pembelajaran PowerPoint berpengaruh terhadap pencapaian hasil belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMKN 4 Makassar dalam mata pelajaran Informatika. Berdasarkan hasil penelitian (1), motivasi belajar siswa meningkat. Hal ini terlihat dari hasil penilaian motivasi siswa setelah kegiatan: (1) seluruh siswa mencapai tingkat prestasi tinggi yang ditunjukkan oleh data statistik; (2) pemanfaatan media pembelajaran PowerPoint meningkatkan keterlibatan siswa pada materi pelajaran; dan (3) prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Pemasaran SMKN 4 Makassar pada mata kuliah Informatika meningkat. Rata-rata nilai tes evaluasi menunjukkan peningkatan yang signifikan, yaitu dari 47,52 pada siklus I menjadi 79,92 pada siklus II. Pemenuhan kriteria ketuntasan minimum (KKM) menunjukkan terdapat 28 siswa (87,5%) yang memperoleh nilai lebih dari 75 dan melampaui KKM.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024