Teori Pendidikan Sosial Kognitif dari Albert Bandura sangat relevan dalam pendidikan karena menekankan pada pengaruh interaksi sosial, observasi, dan modeling dalam proses belajar. Teori ini memandang bahwa belajar tidak hanya didapat dari pengalaman langsung saja, tetapi juga melalui pengamatan terhadap orang lain. Rumusan masalah terkait analisis teori pendidikan sosial kognitif Albert Bandura dan implikasinya pada pendidikan sekolah dasar dapat dirumuskan sebagai berikut:1) Bagaimana konsep dasar teori sosial kognitif yang dikembangkan oleh Albert Bandura?2) Bagaimana teori sosial kognitif Albert Bandura dapat diterapkan dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar? 3) Apa dampak dari penerapan teori sosial kognitif terhadap perkembangan kognitif dan sosial siswa di sekolah dasar? 4) Bagaimana implementasi teori sosial kognitif dapat meningkatkan efektivitas metode pembelajaran di sekolah dasar? 5) Apa kendala dan tantangan yang mungkin dihadapi dalam menerapkan teori sosial kognitif di sekolah dasar? Adapun temuan hasil penelitian sebagai berikut : 1) Individu dapat belajar dari mengamati perilaku orang lain, tanpa harus melakukannya sendiri. 2) Pembelajaran tidak hanya terjadi melalui pengalaman langsung, tetapi juga melalui proses kognitif seperti atensi, pemrosesan informasi, dan memori. 3) Lingkungan dan interaksi sosial memainkan peran besar dalam pembentukan perilaku dan pemahaman. Melalui interaksi sosial, individu mendapatkan pandangan baru dan mempelajari perilaku sosial yang dianggap sesuai. Dalam teori ini, tidak semua perilaku dipengaruhi oleh penguatan langsung. Penguatan dan hukuman dapat terjadi secara tidak langsung atau melalui observasi terhadap konsekuensi yang dialami oleh orang lain. Perilaku seseorang dipengaruhi oleh lingkungannya, namun perilaku tersebut juga dapat mengubah lingkungan.
Copyrights © 2024