Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh likuiditas, nilai perusahaan, dan dividen terhadap market value PT Bank Negara Indonesia (BNI) Tbk. sebagai salah satu bank terbesar di Indonesia.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda, dengan data sekunder yang diambil dari laporan tahunan PT Bank BNI Tbk. selama periode 2018-2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa likuiditas, nilai perusahaan, dan kebijakan dividen secara simultan berpengaruh signifikan terhadap market value. Secara parsial, rasio likuiditas dan nilai perusahaan memiliki pengaruh positif terhadap market value, sedangkan dividen menunjukkan hubungan yang lebih kompleks dengan nilai pasar perusahaan, yang tergantung pada strategi distribusi laba dan persepsi pasar terhadap prospek dividen di masa depan.Penelitian ini memberikan implikasi penting bagi manajemen perusahaan dalam merancang kebijakan yang dapat meningkatkan nilai perusahaan di mata investor, khususnya melalui peningkatan likuiditas, pengelolaan nilai perusahaan yang efektif, dan kebijakan dividen yang tepat.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Likuiditas, nilai perusahaan dan deviden terhadap peningkatan Market Value. Objek penelitian ini yaitu PT Bank BNI Tbk yang bergerak di bidang bank BUMN. Data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu data tahunan Bursa Efek Indonesia dengan metode analisis rasio keuangan dan analisis satisttik. Hasil penelitian tersebut telah di uji validitas, uji reliabilitas, dan uji regresi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel XI likuiditas (X1.1 rasio lancar, X1.2 rasio cepat, X1.3 rasio kas), X2 nilai perusahan (PBV), X3 deviden (X3.1 deviden, X3.2 total deviden, X3.3 deviden payout ratio, X3.4 deviden per share, dan Y market value.
Copyrights © 2024