Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif berbasis android menggunakan aplikasi Artifical Intelligence Virtual Instructur System sebagai inovasi kolaborasi praktek dan teoritis dalam satu tempat dalam pembelajaran praktikum, dimana pembelajaran era abad 21 merupakan pembelajaran antar lintas pada mahasiswa penjas pada mata kuliah bulutangkis. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada model penelitian dan pengembangan 4D (four-D), yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media pembelajaran berbasis android yang dikembangkan ini akan diujicobakan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Bulutangkis, Program Studi Pendidikan Jasmani FKIP UNIB. Instrumen penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data pada penelitian ini menggunakan angket dan teknik tes. Terdapat tiga angket yang akan disebarkan dalam penelitian ini, yaitu angket ahli materi, angket validasi ahli media, dan angket tanggapan mahasiswa. Hasilnya, total skor yang diperoleh dari gabungan validasi ahli materi, media, dan pengguna adalah sebesar 139,5 atau memperoleh nilai rata-rata 4,1 yang artinya Media Pembelajaran BulutangkisBerbasis Artificial Intelligence Virtual Instructur System yang peneliti kembangkan masuk ke dalam kategori Layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.
Copyrights © 2024