Pendidikan dan budaya adalah sesuatu yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan sehari–hari. Budaya merupakan hasil olah karya, rasa, dan cipta manusia, etnomatematika hadir untuk menjembatangi antara budaya dan pendidikan khususnya dalam pembelajaran matematika. Tanpa disadari masyarakat telah melakukan berbagai aktivasi dengan menggunakan konsep dasar matematika dan ide – ide matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif Kualitatif dengan pendekatan etnografi, instrumen dan pengumpulan data yang digunakan, yaitu observasi, dokumentasi, dan wawancara. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis eksplorasi etnomatematika budaya dan adat istiadat masyarakat Maluku Tenggara agar diperoleh informasi dasar dalam pengembangan ilmu etnomatematika terhadap pembelajaran matematika. Melalui pangan lokal Maluku Tenggara, yaitu Kuba ulun dan Enbal dapat memberikan wawasan dalam pembelajaran berbasis etnomatematika. Hasil eksplorasi menunjukan bahwa dalam pangan lokal Maluku Tenggara, yaitu Kuba ulun dan Enbal terdapat unsur – unsur matematika diantaranya konsep geometri, bilangan pecahan, pola bilangan dan pola simetris yang bisa digunakan sebagai sumber belajar matematika.
Copyrights © 2024